Kedungboto - Haflah At Tasyakur wal Ikhtitam Madrasah Nurul Qur'an Dusun Kedungboto

Haflah At Tasyakur wal Ikhtitam Madrasah Nurul Qur'an Dusun Kedungboto

Ramadhan sebentar lagi. Santri-santri Madrasah Nurul Qur'an Dusun Kedungboto sudah menyelesaikan satu periode belajar-mengajar. Untuk memeriahkannya, digelarlah Haflah At Tasyakur wal Ikhtitam yakni ungkapan rasa syukur karena tahapan belajar yang sudah dilewati dengan baik.

Haflah Attasyakur wal Ikhtitam ditujukan untuk mengukur sejauh mana santri-santri Masrasah Nurul Qur'an dalam menerima, memahami, dan mengamalkan ilmu yang sudah disampaikan para ustadz-ustadzah, juga untuk mengajak masyarakat agar senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, sehingga dapat tercipta tatanan masyarakat yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.

Kemeriahan perayaan ini dijadikan pula sebagai ajang silaturrahmi dan ukhuwah Islamiyah yakni adanya jalinan persaudaraan yang erat dan kebersamaan antara pemerintah, alim ulama, tokoh masyarakat serta seluruh elemen masyarakat. Dengan terjalinnya silaturrahmi dan ukhuwah Islamiyah tentunya akan membentuk rasa saling memiliki dalam mempertahankan iklim yang kondusif secara khusus di Dusun Kedungboto, secara umum di Desa Kedungboto, dan lebih luas lagi di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Kegiatan Haflah At Tasyakur wal Ikhtitam Madrasah Nurul Qur'an yang diselenggarakan di halaman madrasah di Dusun Kedungboto pada Selasa 14 Maret 2023 ini disengkuyung oleh masyarakat, terlihat dari guyubnya persiapan yang dilakukan oleh warga yang sejak pagi sudah melakukan kerja bakti mendirikan tratak dan mempersiapkan ubo rampe acara yang akan digelar mulai sore hari.

Sore harinya, pembukaan Haflah At Tasyakur wal Ikhtitam dimeriahkan dengan penampilan grup Drumband dari Desa Peron, Kecamatan Limbangan.

Dan pada malam harinya, pembukaan acara diisi dengan Pentas Santri Madrasah dan hiburan oleh grup rebana dari Tercel, Desa Limbangan, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sebagai penghujung acara adalah mau'idzoh al-hasanah yakni salah satu manhaj (metode) dalam dakwah untuk mengajak ke jalan Allah dengan memberikan nasihat atau membimbing dengan lemah lembut agar ummat selalu berbuat baik. Dakwah seperti tersebut di atas kita kenal sebagai pengajian umum, yang dalam kegiatan ini disampaikan oleh KH Khafidz Romli dari Karangjati, Bebengan, Kecamatan Boja.

Hadir dalam Haflah At Tasyakur wal Ikhtitam Madrasah Nurul Qur'an Dusun Kedungboto ini seluruh santri-santri yang berjumlah 65 anak beserta wali santri, ustadz-ustadzah madrasah, tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat desa, Camat Limbangan Alfebian Yulando, dan masyarakat umum.

InsyaAllah dengan selalu memperhatikan pendidikan agama untuk anak-anak, akan tercipta generasi penerus yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan siap menjawab tantangan zaman.

Kontributor:
Mariyadi Wibowo, Kepala Dusun Kedungboto


Dipost : 15 Maret 2023 | Dilihat : 675

Share :