Kedungboto - Pengumuman Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Kendal Untuk Pemilu 2024

Pengumuman Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Kendal Untuk Pemilu 2024

KPU Kabupaten Kendal telah membuka Pengajuan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kendal untuk Pemilu serentak tahun 2024 melalui Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten. Ketentuan lebih lanjut disampaikan dalam Naskah Pengumuman Nomor: 375/PL.01.4-Pu/3324/2023 Tentang PENGAJUAN BAKAL CALON ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN KENDAL UNTUK PEMILU SERENTAK TAHUN 2024, sebagai berikut:

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kendal membuka penerimaan pengajuan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal untuk Pemilu Serentak Tahun 2024 melalui Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten dengan ketentuan sebagai berikut:

A. DOKUMEN PENGAJUAN

1. Surat Pengajuan menggunakan formulir MODEL B-PENGAJUAN-PARPOL dalam bentuk fisik disampaikan langsung dan digital yang diunggah di Silon; (https://silon.kpu.go.id/)
2. Daftar Bakal Calon menggunakan formulir MODEL B-DAFTAR.
BAKAL.CALON disertai foto diri terbaru bakal calon dan dilampiri dengan dokumen persetujuan pengajuan bakal calon yang ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain dan Sekretaris Jenderal Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain yang sah sesuai dengan Keputusan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia tentang pengesahan susunan pengurus partai politik tingkat pusat dalam bentuk fisik disampaikan langsung dan digital yang diunggah di Silon; dan
3. Dokumen persyaratan administrasi Bakal Calon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 sampai dengan Pasal 23 Peraturan KPU yang mengatur tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam bentuk digital diunggah di Silon.

B. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PENGAJUAN

1. Waktu Pengajuan

a. Hari/Tanggal : Senin, 1 Mei s.d Sabtu 13 Mei 2023, Waktu : Pukul 08.00 s.d 16.00 Waktu Setempat
b. Hari/Tanggal : Minggu, 14 Mei 2023, Waktu : 08.00 s.d 23.59 Waktu Setempat

2. Tempat Pengajuan
Kantor KPU Kabupaten Kendal, Jalan Soekarno-Hatta Nomor 337 Kendal

C. LAIN-LAIN

1. Ketentuan Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten

a. Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten Kendal dapat mengajukan bakal calon Anggota DPRD Kabupaten Kendal apabila telah:

1) memperoleh persetujuan dari Ketua Umum Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain dan Sekretaris Jenderal Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain yang sah.
2) mengirimkan data dan dokumen persyaratan yang diunggah melalui Silon.

b. Pengajuan sebagaimana dimaksud huruf a dilakukan oleh:

1) Ketua Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten atau nama lain dan sekretaris Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten atau nama lain yang sah,
2) dalam hal Ketua Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten atau nama lain dan Sekretaris Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten atau nama lain yang sah sebagaimana dimaksud pada huruf 1) tidak dapat hadir pada saat pengajuan bakal calon, pengajuan dapat diwakili oleh pengurus Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten dengan menyampaikan surat kuasa dari ketua Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten atau nama lain dan sekretaris Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten atau nama lain yang sah,
3) dalam hal Pengurus Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten tidak dapat melakukan pengajuan bakal calon Anggota DPRD Kabupaten sebagaimana dimaksud pada angka 2), pengajuan persyaratan bakal calon dapat dilakukan oleh Petugas Penghubung Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten.

2. Dalam hal pemeriksaan kelengkapan dokumen pengajuan bakal calon ditemukan:

a. isian data dan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon tidak lengkap;
b. daftar Bakal Calon sebagaimana dimaksud pada huruf A angka 2 tidak memenuhi persyaratan pengajuan Bakal Calon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) Peraturan KPU tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.; dan/atau
c. dokumen fisik surat pengajuan dan/atau daftar Bakal Calon sebagaimana dimaksud pada huruf A angka 1 dan angka 2 tidak benar.
KPU Kabupaten Kendal mengembalikan dokumen pengajuan bakal calon kepada Partai Politik Peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten.

3. Partai Politik Peserta Pemilu yang Pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupatennya dikembalikan sebagaimana dimaksud angka 2 masih dapat mengajukan bakal calon sampai dengan batas akhir waktu pengajuan pada Hari Terakhir.

4. Dokumen surat pengajuan dan daftar bakal calon sebagaimana dimaksud huruf A angka 1 dan angka 2, dapat diunduh pada laman https://silon.kpu.go.id.

5. Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten dapat menghubungi helpdesk KPU Kabupaten Kendal

a. Telepon : (0294) 381101 pada hari kerja dari pukul 08.00 s.d 17.00 WIB
b. No. Hp : 081325115834
c. Email : kpuk43@gmail.com

sumber: https://www.instagram.com/p/CrdQE2dP3CS/https://drive.google.com/file/d/1LY8ia8tRj2gTWx-8ns7R3En3sveaSbrW/ 

PPS Desa Kedungboto sebagai kepanjangan tangan KPU Kendal ikut berpartisipasi melakukan sosialisasi pengumuman tersebut mulai tanggal 26 April 2023 untuk pengajuan Bacaleg DPRD di wilayah Kabupaten Kendal khususnya DAPIL 3 SIBOLI (Singorojo Boja Limbangan).

PPS Desa Kedungboto melakukan sosialisasi lewat media sosial dan kegiatan-kegiatan luring lainnya. Untuk pengajuan calon ditangani langsung oleh KPU Kendal atau melalui link yang tersebut pada pengumuman di atas.

Kontributor:
Mariyadi Wibowo, Ketua PPS Desa Kedungboto


Dipost : 26 April 2023 | Dilihat : 4227

Share :