Kedungboto - Tradisi Kenduren Ariyoyo 1 Syawal di Dusun Jingkol

Tradisi Kenduren Ariyoyo 1 Syawal di Dusun Jingkol

Masyarakat Dusun Jingkol, Desa Kedungboto memiliki tradisi unik yang digelar setiap habis shalat Idul Fitri. Tradisi ini adalah Kenduren Ariyoyo 1 Syawal untuk memeriahkan Hari Raya Lebaran Idul Fitri. Tradisi ini sudah ada sejak jaman dahulu dan masih dilakukan sampai sekarang oleh sebagian besar warga pedesaan Dusun Jingkol.

Masyarakat Dusun Jingkol menggelar Kenduren Slametan Ariyoyo atau Riyayan pada Sabtu 22 April 2023 di Masjid Al Amin Dusun Jingkol. Dengan dipimpin oleh Modin setempat, masyarakat bersama-sama memanjatkan doa pengharapan agar ke depannya terhitung sejak hari H Lebaran Idul Fitri dapat diberi anugerah kemudahan dalam menjalani kehidupan. Selain itu juga berdoa agar bisa bertemu dengan Ramadhan berikutnya. 

Kenduren Ariyoyo 1 Syawal atau Riyayan ini menjadi wujud local wisdom atau kearifan lokal yang merupakan bagian dari budaya masyarakat dengan nuansa religi yang kental.

Dalam kenduren Ariyoyo 1 Syawal, hidangan khas untuk selametan adalah ketupat opor atau lontong sayur yang dibawa oleh masing-masing warga ke tempat selametan untuk dinikmati bersama-sama dalam suasana gembira penuh kerukunan, keguyuban, kekeluargaan dalam silaturahmi yang erat. 

Kontributor:
Mistari, Kepala Dusun Jingkol


Dipost : 22 April 2023 | Dilihat : 254

Share :