Kedungboto - Selamatan Syawal di Masjid Al Hidayah, Watulawang

Selamatan Syawal di Masjid Al Hidayah, Watulawang

Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum terbaik dalam menjalin silaturrahim terhadap sesama Muslim. Berbagai macam cara dilakukan dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri ini. Orang Jawa sendiri mempunyai tradisi khusus dalam berlebaran yang dinamakan tradisi bakdo kupat atau selamatan Syawal. Tradisi yang dilakukan seminggu setelah lebaran ini yang merupakan hasil dari pemikiran para Walisongo dalam menyebarkan dakwah Islam melalui budaya.

Di Dusun Watulawang, tradisi ini masih diuri-uri sampai sekarang. Seperti halnya di hari Sabtu pagi, 29 April 2023, masyarakat berkumpul di Masjid Al Hidayah, Dusun Watulawang, Desa Kedungboto untuk menyelenggarakan selamatan Syawal. Selain sebagai ajang silaturahmi, dalam selamatan ini warga berdoa bersama agar dalam perjalanan hidup setahun ke depan dimudahkan rezekinya, terjaga kesehatannya, tercapai semua cita-cita, serta diberi umur panjang sehingga bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun depan untuk meraih keberkahannya.

Selamatan Syawal ini juga dimaksudkan sebagai rasa syukur setelah melewati sebulan berpuasa Ramadhan ditambah dengan 6 hari puasa sunnah di bulan Syawal. Diharapkan di bulan ini dan seterusnya keimanan dan ketakwaan akan terjaga dan bahkan meningkat semakin baik dan sempurna.

Kontributor:
Sudiyono, Kaur Umum Desa Kedungboto


Dipost : 29 April 2023 | Dilihat : 390

Share :

s