Kedungboto - Survei Jalan Alternatif Penghubung Kabupaten Kendal - Temanggung

Survei Jalan Alternatif Penghubung Kabupaten Kendal - Temanggung

Saat ini Pemerintah Desa Kedungboto telah menyelesaikan sebagian kecil peningkatan jalan perekonomian Dusun Deles. Jalan ini merupakan bagian dari ruas jalan alternati penghubung antarkabupaten yakni Kabupaten Kendal dan Kabupaten Temanggung. Ruas jalan ini melewati Dusun Deles, Dusun Semanding, dan Dusun Jingkol sampai ke Dusun Sirandu, Desa Margolelo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Direncanakan, keseluruhan ruas jalan yang berada di wilayah Desa Kedungboto akan ditingkatkan dengan lebar 4 meter sehingga akan memperlancar arus transportasi yang pada akhirnya akan memperlancar pergerakan perekonomian masyarakat.

Selain jalan alternatif Deles-Semanding-Jingkol-Sirandu, sebetulnya ada rintisan jalan yang pernah dibuat pada era kepemimpinan Kepala Desa Kedungboto 2003-2008, Trining Harijati. Rintisan jalan yang dibuat berupa jalan usaha tani tersebut bermula dari Semanding melewati bagian barat Bukit Sewakul, dan langsung menuju ke Dusun Sirandu, Desa Margolelo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Dari Dusun Semanding, rute ini lebih pendek 1 kilometer dibandingkan dengan rute Semanding-Jingkol-Sirandu.

Dengan adanya potensi peningkatan pergerakan perekonomian masyarakat bila jalan alternatif tersebut dikembangkan, pada Selasa, 16 Mei 2023, Camat Limbangan Alfebian Yulando bersama Kepala Desa Kedungboto Ina Kristiyani dan perangkat desa setempat melakukan survei jalan antarkabupaten tersebut.

Survei yang dilakukan mulai jam 16:00 sampai dengan jam 18:00 dilakukan dengan cara menyusuri jalan dari Semanding sampai ke Sewakul. Di sela-sela survei, Camat Limbangan juga menyempatkan berbincang-bincang dengan warga setempat, mendengarkan masukan dan keluhan secara langsung.

Simpulan sementara dari survei tersebut, fokus pada saat ini adalah mengupayakan peningkatan ruas jalan Deles-Semanding-Jingkol dengan harapan pemerintah bisa mengucurkan anggaran agar keseluruhan jalan Deles-Semanding-Jingkol mempunyai spesifikasi lebar 4 meter. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa di masa yang akan datang, jalan pertanian Semanding-Sewakul-Sirandu juga akan dikembangkan demi peningkatan pergerakan perekonomian masyarakat.

Kontributor:
Ina Kristiyani, Kepala Desa Kedungboto

Berikut ini dokumentasi foto kegiatan Survei Jalan Alternatif Antarkabupaten Deles-Semanding-Jingkol pada Selasa sore, 16 Mei 2023:

 

 


Dipost : 17 Mei 2023 | Dilihat : 280

Share :