Kedungboto - Grup Kesenian Kuda Lumping Turonggo Sidodadi dari Dusun Gedeg Tampil di Merti Desa Boja

Grup Kesenian Kuda Lumping Turonggo Sidodadi dari Dusun Gedeg Tampil di Merti Desa Boja

Seperti telah diagendakan sebelumnya bahwa Grup Kesenian Kuda Lumping dari Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan akan tampil di hajatan Desa Boja, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal yaitu Syawalan dan Merti Desa Boja, sore ini, Minggu, 30 April 2023, mereka sudah siap di lokasi penyelenggaraan Festival Budaya.

Yang pentas pertama adalah Grup Kesenian Turonggo Sidodadi (TSD) dari Dusun Gedeg, Desa Kedungboto. Pementasan dimulai pada jam 15:00 dengan beberapa lagu pembuka. Setelahnya, acara dibuka dengan doa oleh Kyai Muqorrobin, dilanjutkan dengan sambutan dari pemangku keamanan, Wayan SJ, dan sambutan dari perwakilan panitia penyelenggara, Sutarmo.

Pementasan diawali dengan tari masal putri, dilanjutkan dengan tari masal putra, dan beberapa tarian kuda kepang lainnya berganti-ganti. Antusias masyarakat Desa Boja sangat tinggi, terlihat dari membludaknya penonton di tempat Festival Budaya di lapangan voli Makam Pahlawan Boja.

Menjelang maghrib, barulah pementasan Seni Tradisional Kuda Lumping oleh Turonggo Sidodadi (TSD) selesai. Grup Kesenian lain yaitu Kartiko Kridho Bekso (KKB) dari Dusun Jingkol, Desa Kedungboto, dan Turonggo Wahyu Tri Manunggal (TWTM) dari Dusun Joho, Desa Cening, Kecamatan Singorojo, akan tampil malam hari bakda Isya.

Kontributor:
Sumarno, Anggota Turonggo Sidodadi, Dusun Gedeg, Desa Kedungboto

Berikut ini dokumentasi foto dan video pementasan Turonggo Sidodadi (TSD) pada Minggu, 30 April 2023 untuk memeriahkan Syawalan dan Merti Desa Boja:


Dipost : 30 April 2023 | Dilihat : 302

Share :