Kedungboto - Latihan Grup Kesenian Kartiko Kridho Bekso Dusun Jingkol

Latihan Grup Kesenian Kartiko Kridho Bekso Dusun Jingkol

Seperti telah diagendakan bahwa pada jelang Ramadan 17 Maret 2023 nanti, masyarakat Dusun Jingkol akan menyelenggarakan Sadranan, maka Grup Kesenian Tradisional Kuda Lumping Kartiko Kridho Bekso pun tak ketinggalan akan turut memeriahkan acara Dusun tersebut. Oleh karena itu, latihan demi latihan sering digelar guna mempersiapkan secara matang agar pada pementasan nanti Kartiko Kridho Bekso tampil prima menghibur masyarakat.

Pada sesi latihan 12 Maret 2023 jam 20:00 di rumah Ketua Kartiko Kridho Bekso, para penari baik laki-laki maupun perempuan berlatih gerakan-gerakan tari yang akan disajikan pada pementasan nanti. Kebanyakan pelaku seni kuda lumping yang tergabung dalam grup Kartiko Kridho Bekso adalah pemuda-pemudi. Rupanya kesenian tradisional ini dilestarikan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Hal ini terbukti oleh antusiasme muda-mudi yang sangat tinggi untuk mempelajari dan memainkan kesenian tradisional ini.

Maklumlah, kesenian kuda lumping sangat digemari oleh masyarakat Dusun Jingkol, sehingga menjadi kebanggan tersendiri bagi muda-mudi bila bisa bergabung dalam grup kesenian tradisional Kartiko Kridho Bekso.

Kontributor:
Tumari, Aktivis Pemuda Dusun Jingkol


Dipost : 13 Maret 2023 | Dilihat : 209

Share :