Kedungboto - Kuda Lumping Kartiko Kridho Bekso Pentas di Joho, Cening, Singorojo

Kuda Lumping Kartiko Kridho Bekso Pentas di Joho, Cening, Singorojo

Desa Cening adalah desa yang berbatasan langsung dengan Desa Kedungboto di sebelah barat. Desa Cening masuk dalam wilayah Kecamatan Singorojo. Dusun yang terdekat dengan wilayah Desa Kedungboto adalah Dusun Joho.

Karena letaknya berdekatan, sosial budaya masyarakatnya juga sama. Sejak dahulu kala kedua Desa walaupun beda Kecamatan sudah menjalin kerjasama yang harmonis di berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang seni budaya. Kegemaran masyarakat terhadap kesenian tradisional juga sama. Bila di Desa Kedungboto punya kesenian tradisional kuda lumping, Dusun Joho juga punya grup yang bernama Turonggo Wahyu Tri Manunggal (TWTM)

Sebelum Ramadhan yang lalu, dalam acara Akhirussanah dan Gelar Budaya di Dusun Jingkol, Desa Kedungboto, TWTM turut tampil dalam pementasan kolaborasi tiga desa bersama dengan Turonggo Argo Laras (TAL) dari Dusun Ketro, Desa Peron, dan tuan rumah Kartiko Kridho Bekso dari Dusun Jingkol, Desa Kedungboto. 

Ketika Dusun Joho, Desa Cening menyelenggarakan halal bihalal pada Jum'at malam, 28 April 2023, mereka gantian mengundang KKB untuk tampil di Joho. 

Dalam kegiatan tersebut, KKB menampilkan dua tarian kuda lumping yakni tari massal putra dan tari massal putri, sedangkan TWTM selain menampilkan tarian massal putra putri juga menampilkan tarian leak yang seru. 

Sungguh acara yang sangat menghibur bagi masyarakat setempat.

Kontributor:
Kahari, Ketua RT 02/06 Dusun Jingkol

Berikut ini dokumentasi foto dan video penampilan kolaborasi Kartiko Kridho Bekso dan Turonggo Wahyu Tri Manunggal di Dusun Joho, Desa Cening, Kecamatan Singorojo:

1. TWTM Joho

 

2. KKB Jingkol


Dipost : 29 April 2023 | Dilihat : 192

Share :