Kedungboto - Membangunkan Selo Arjuno Dari Tidur Panjang (Bagian-2: 2018-2019)

Membangunkan Selo Arjuno Dari Tidur Panjang (Bagian-2: 2018-2019)

Selo Arjuno adalah wisata alam ikon Desa Kedungboto, lengkapnya dinamakan Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo. Rintisan pengembangan Selo Arjuno sebagai destinasi wisata sudah dilakukan sejak tahun 2015, namun baru pada 30 Maret 2017 diresmikan sebagai obyek wisata dan masuk dalam daftar destinasi Wisata Kendal. Peresmiannya dilakukan oleh Bupati Kendal Mirna Annisa, bupati pada masa itu.

Sebelum lanjut membaca, dipersilakan menyimak tulisan sebelumnya: Membangunkan Selo Arjuno Dari Tidur Panjang (Bagian-1: 2016-2017) /***

Setelah diresmikan, pamor Selo Arjuno semakin meroket. Pengunjung yang sudah mulai ramai sejak tahun 2016, semakin banyak yang berdatangan menguji keberanian mendaki puncak Selo Arjuno. Tercatat sampai akhir 2017 dan awal 2018, Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo ramai dikunjungi wisatawan.

Pada periode 2018-2019 dimulai dari pertengahan 2018, Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo mengalami penurunan dalam hal jumlah pengunjung. Sampai saat ini belum dilakukan evaluasi apakah penurunan pengunjung itu terjadi karena karakter wisatawan lokal yang hangat-hangat tahi ayam, karena kurangnya promosi, atau karena kurangnya inovasi yang menawarkan obyek penyerta dan pendukung wisata utama.

Inovasi oleh investor pernah dilakukan di periode ini, antara lain dengan pengembangan Wisata Glamping di dekat area Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo dengan nama Selo Arjuno Campventure. Namun, itu belum cukup untuk menaikkan animo wisatawan untuk berkunjung ke Selo Arjuno.

Foto-foto Selo Arjuno & Bligo 2018-2019

Walaupun Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo mengalami penurunan jumlah pengunjung, namun peredaran posting foto-foto yang diunggah netizen di internet terutama di sosial media masih cukup ramai. Bahkan banyak situs-situs pariwisata memasukkan Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo ke dalam Katalog Destinasi Wisata Kendal antara lain; 

jadwaltravel.com
www.trivindo.com
www.javatravel.net
idntrip.com
www.nativeindonesia.com
visitjawatengah.jatengprov.go.id
jateng.genpi.co
dan lain-lain.


***/ bersambung; Membangunkan Selo Arjuno Dari Tidur Panjang (Bagian-3: 2020-2022)

Liputan video pun masih cukup banyak yang beredar, salah satunya pada sematan video dari Youtube berikut ini:


Dipost : 23 Februari 2023 | Dilihat : 193

Share :