Kedungboto - Doa Akhir Ramadhan

Doa Akhir Ramadhan

Idul Fitri sudah menjelang, Ramadhan segera berakhir. Umat Islam yang beriman pasti sedih meninggalkan Ramadhan bulan penuh berkah, bulan paling mulia dibanding 11 bulan lain karena banyak terdapat rahmat Allah, ampunan Allah, dan perlindungan dari neraka.

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada kita doa-doa ketika kita berada di akhir Ramadhan. Doa-doa ini sangat baik untuk kita amalkan.

Doa akhir Ramadhan

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْع لْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allahuma laa taj'alhu aakhiril'ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman walaa taj'alnii mahruuman.

Ya Allah, janganlah Kau jadikan puasa ini yang terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikan sebaliknya (sebagai puasa terakhir), jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku sebagai orang yang Engkau jauhi.

Doa akhir Ramadan ini terdapat pada hadis Jabir bin Abdillah dari Muhammad al Mustafa.

"Siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah."

 

Doa bertemu Ramadan mendatang

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Allahumma sallimni ila ramadhana wa sallim li ramadhana wa tasallamhu minni mutaqabbala.

Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan dan antarkanlah Ramadan kepadaku dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.

 

Doa mohon puasa dan semua ibadah diterima

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَاوَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Rabbana taqabbal minna shiyamana wa qiyamana wa ruku'ana wa sujudana wa tilawatana innaka antas sami'ul alim.

Wahai Tuhan kami terimalah puasa kami, salat kami, rukuk kami, sujud kami, dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Selamat Idul Fitri 1444H, selamat berlebaran bersama keluarga tercinta, semoga kita dipertemukan lagi dengan Ramadhan berikutnya.

/dari berbagai sumber


Dipost : 21 April 2023 | Dilihat : 16597

Share :