Kedungboto - Deklarasi Desa Kedungboto sebagai Kampung Siaga Jogo Tonggo

Deklarasi Desa Kedungboto sebagai Kampung Siaga Jogo Tonggo

Kampung Siaga Jogo Tonggo merupakan istilah yang berasal dari Jawa Tengah, Indonesia dan mengacu pada program kesiap-siagaan menghadapi pandemi berbasis masyarakat. Ini melibatkan pembentukan tim tanggap pandemi tingkat desa yang terdiri dari anggota masyarakat yang dilatih untuk mengidentifikasi, menilai, dan menanggapi potensi pandemi di wilayah mereka.

Program Kampung Siaga Jogo Tonggo disosialisasikan untuk menghadapi pandemi Covid-19. Desa Kedungboto pada 7 Juli 2020 adalah salah satu desa yang dideklarasikan sebagai Kampung Siaga Jogo Tonggo.

Sebagai salah satu upaya menghadapi pandemi Covid-19, Indonesia menerapkan program ini di berbagai wilayah dan berhasil mengurangi dampak pandemi di banyak komunitas di seluruh Indonesia. Sebagai model program kesiap-siagaan pandemi berbasis komunitas, program ini telah diakui di seluruh dunia.

Model siaga jogo tonggo sebetulnya dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai pemberdayaan masyarakat untuk berperan aktif dalam kesiap-siagaan dan penanggulangan bencana selain Pandemi Covid-19, seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan bencana alam lainnya. Program ini menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi antara anggota masyarakat, otoritas lokal, dan tanggap darurat untuk memastikan respons yang efektif terhadap bencana.


Dipost : 07 Juli 2020 | Dilihat : 612

Share :